Bisnis Sampah Sangat Menjanjikan Kekayaan

Bisnis Sampah Sangat Menjanjikan Kekayaan

 

Indonesia adalah sebuah Negara yang banyak diberikan karunia oleh Sang Maha Pencipta. Kekayaan alam Indonesia sangat berlimpah ruah. Dari mulai rempah-rempah, pertanian, peternakan, perkebunan, pertambangan,  kekayaan laut, sampai pada sampah pun dapat disulap menjadi lembaran rupiah yang melimpah. Oleh karena itu, seharusnya orang Indonesia hidup makmur dan berkecukupan di bidang materi. Jika kenyataan di lapangan masih banyak yang kesulitan hidup dan menjadi pengangguran, mungkin bukan modal besar yang harus diberikan. Perubahan paradigmalah yang harus diperbaiki. Karena sudah menjadi rahasia umum, orang Indonesia terlalu dimanjakan oleh alamnya sehingga kurang tahan derita dan cerdas memanfaatkan semua potensi alamnya. Ubahlah paradigma bahwa untuk memulai bisnis memerlukan modal uang yang besar. Justru sebaliknya, untuk memulai bisnis, harus diawali dengan modal uang yang sangat minim. Karena apabila berbisnis dengan modal yang besar sementara pengalaman dan pengetahuan berbisnis sangat minim, pasti akan bertemu dengan kegagalan yang menyebabkan trauma berbisnis. Cobalah mencari lahan bisnis yang sangat minim modal uang, misalnya saja bisnis sampah.

Bisnis sampah memang terkesan kotor dan tidak berharga. Namun fakta di lapangan membuktikan  bahwa dengan berbisnis di bidang ini dapat meraup jutaan rupiah. Ada banyak pilihan jenis sampah yang dapat dijadikan bisnis. Misalnya saja sampah plastik, sampah logam, ataupun sampah organik. Walaupun terlihat kotor, jenis sampah-sampah tadi dapat berubah menjadi barang lain yang lebih berguna apabila sudah didaur ulang. Misalnya sampah plastik dapat didaur ulang menjadi barang-barang baru berbahan dasar plastik. Sampah logam dapat dilebur kembali dan didaur ulang menjadi barang-barang baru berbahan logam. Begitupun sampah organik dapat diubah menjadi pupuk organik ataupun menjadi bio gas yang sangat bermanfaat untuk semua warga dan lingkungan.

Ketiga jenis bisnis sampah yang dijelaskan di atas peluangnya tidak main-main. Ketiga jenis tadi dapat menjadi komoditi ekspor yang menjanjikan. Asal berbekal pengetahuan tentang sampah yang akan kita jadikan lahan bisnis dan relasi-relasi yang dapat menerima sampah yang kita kumpulkan, sampah yang kotor dan berbau tadi akan berubah menjadi lembaran dolar dan emas permata.