teknologi masa kini

Inovasi Teknologi Bikin Dunia Makin Digital dan Mobile

Teknologi masa kini pun merambah ke dunia digital, revolusi teknologi mekanik dan analog telah tergerus oleh sistem digital ini. Melalui internet dan aneka gadget inovasi kian berkembang bagai jamur yang sangat bermanfaat pada berbagai industri. Hal ini telah mengubah gaya hidup dan perilaku masyarakat sehari-hari. 

Inovasi digital dan mobile dengan teknologi masa kini menjadi lebih praktis, efisien, dan efektif dalam memenuhi kebutuhan. Masyarakat dapat menjadi jauh lebih produktif dan cerdas dalam pekerjaan mereka. 

Berikut ini beberapa tren digital yang bakal 

  1. Teknologi 5G

Lebih terdepan dari pendahulunya, teknologi 5G ini menjanjikan kecepatan dan kapasitas yang lebih besar serta latensi yang lebih rendah. Qualcomm menciptakan teknologi “beamforming” dengan tampilan sistem broadband nirkabel tetap untuk meningkatkan cakupan 5G.  Yang nantinya dapat membawa infrastruktur ini ke daerah terpencil yang sulit dijangkau kabel fiber optik. 

  1. Artificial Intelligence (AI) 

AI atau sering disebut juga sebagai machine learning, memiliki konsep memasok ribuan data dan clue pada mesin komputasi. Nantinya mesin bakal berpikir secara otomatis berbasis data input yang diberikan. Teknologi Big Data yang memungkinkan AI dalam mengolah miliaran data. 

  1. Digital Payment

Melalui teknologi ini kita dapat membayar berbagai hal hanya dengan smartphone, cukup tempelkan gadget pada QR code. Tak perlu lagi risau bila ketinggalan dompet atau repot oleh berbagai kartu. Beberapa perusahaan telah menerapkan Electronic money yang bekerja sama dengan banyak provider payment. Salah satunya mobile banking dari BRI, BCA, dan lainnya. Pemerintah pun tengah giat menyukseskan mengganti uang konvensional menjadi emoney sebagai alat pembayaran.

  1. Layar 3D dan Hologram

Berbagai produsen smartphone meningkatlan layar dari 2D menuju 3D, yang dapat digunakan teknologi proyeksi holografik. Tampilan 3D dapat diintegrasikan dengan elemen gerakan saat pengguna berinteraksi dengan smartphone mereka.

Semakin canggih dunia digital dan mobile berkat teknologi masa kini yang terus melakukan kreasi dan inovasi demi memanjakan penggunanya. Dengan alat yang semakin maju masyarakat pun harus lebih cerdas dan terus mengasah kemampuan, jangan sampai ketinggalan perkembangan zaman.