Bisnis Pertanian dengan Sistem Vertical Garden

Bisnis Pertanian dengan Sistem Vertical Garden

 

Peluang bisnis sebenarnya tersedia di sekitar kita, apapun bisa menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Bisnis tidak identik dengan modal usaha yang besar. Modal utama berbisnis adalah cerdas memanfaatkan peluang. Misalnya saja dengan melihat potensi alam sekitar. Kita bisa memanfaatkan  tanah kita yang subur.  Alasan karena memiliki lahan sempit sudah bisa disiasati dengan sistem penanaman vertical garden. Dengan memanfaatkan paralon yang disusun secara vertical terbukti dapat menghasilkan panen yang melimpah. Misalnya saja dengan menanam cabe rawit. Asal menguasai ilmunya, lahan yang sempit bukan alasan untuk tidak bisa berbisnis. Apalagi cabe rawit sering mengalami lonjakan harga yang fantastis. Dengan demikian, system vertical garden dapat menjadi lahan bisnis pertanian yang menjanjikan.

Selain cabe rawit, tanaman strawberry juga dapat dipilih sebagai tanaman yang dibudidayakan untuk berbisnis. Buahnya yang segar dan warnanya yang menarik menjadikan buah strawberry banyak diminati para konsumen. Strawberry pun tidak susah dibudidayakan dan cocok untuk system vertical garden. Selain itu juga, harga strawberry pun lumayan bagus. Atau kalau ingin lebih mendapatkan keuntungan yang berlipat, kita bisa mengolah sendiri strawberry yang kita tanam menjadi minuman yang menyegarkan. Misalnya saja menjadi jus strawberry atau dipadupadankan dengan bumbu-bumbu lain menjadi sambal strawberry. Memang sambal strawberry masih agak jarang ditemukan. Namun, justru karena keunikan tersebut membuat para konsumen penasaran. Kepenasaran para konsumen dapat meningkatkan omset bisnis kita. Dengan demikian, bisnis pertanian yang dipadupadankan dengan ide kreatif dapat menjadi lahan bisnis baru yang sangat menjanjikan.

Dari kedua contoh bisnis pertanian di atas dapat diambil pelajaran bahwa bisnis apapun dapat mendatangkan keuntungan financial yang lumayan. Namun, permasalahan utamanya bukan pada besarnya modal berupa uang atau lahan. Modal yang paling menentukan dalam memulai bisnis adalah pengetahuan dan pengalaman tentang produk yang akan kita bisniskan, mental bisnis yang tangguh, dan relasi-relasi yang dapat kita jadikan pasar atau media promosi untuk produk yang kita jual. Lahan bisnis baru yang menjanjikan keuntungan besar tidak hanya dari sektor pertanian saja. Masih banyak sektor0sektor lain yang dapat kita gali lebih kreatif lagi.