Bentuk Bisnis yang Dapat Kita Pilih

0
128

 

Memiliki bisnis yang barjalan lancar dan dapat menghasilkan banyak keuntungan merupakan cita – cita hampir setiap orang di dunia. Bisnis itu merupakan suatu kegiatan menjual suatu barang atau jasa kepada konsumen ataupun kepada pihak bisnis lain yang disebut sebagai distributor. Untuk memulai sebuah bisnis pastilah anda akan memilikirkannya dengan matang mulai dari persiapan, pengelolaan hingga pelaksanaannya.

Selain beberapa hal tersebut diatas sebenarnya ada hal penting lain yang terkadang terlupakan ketika kita akan membuat suatu bisnis, yaitu bentuk bisnis yang kelak akan kita jalankan. Pada skala kecil bentuk bisnis ini cenderung diabaikan, namaun pada bisnis skala besar mutlak harus memiliki bentuk bisnis yang jelas. Ada beberapa bentuk bisnis yang dapat anda pilih, diantaranya adalah :

  1. Perusahaan perseorangan, bisnis berbentuk seperti ini merupakan bisnis yang kepemilikannyadipegang oleh satu orang. Segala sesuatu yang ada di dalam bisnis ini merupakan tanggung jawab penuh pemiliknya. Mulai dari modal, pengelolaan , kuntungan hingga kerugiannya. Pada bisnis jenis ini pemilik memiliki hak sepenuhnya pada seluruh aset yang dimiliki oleh perusahaan dan bisnisnya.
  2. Persekutuan, bisnis dengan bentuk sepeti ini merupakan gabungan atau persekutuan dua orang atau lebih yang menjalankan usaha secara bersama – sama. Layaknya perusahaan perseorangan, pada persekutuan juga masing – masing pihak memiliki hak sepenuhnya atas aset yang dimiliki oleh perusahaan, serta berbagai hal yang berkaitan dengan perusahaan tersebut mulai dari laba hingga rugi.
  3. Perseroan, bisnis dengan bentuk seperti ini merupakan perusahaan yang dimiliki oleh beberapa orang secara bersama – sama, segala sesuatu yang berkaiatan dengan perusahaan akan di awasi oleh dewan direktur yang biasanya terdiri dari beberapa pemilik yang memiliki saham yang besar. Akses dan tanggung jawab setiap pemilik sangat terbatas pada perusahaan jenis ini.

Dalam memilih bentuk perusahaan yang akan kita gunakan pada bisnis anda, anda harus mempertimbangkannya dengan matang. Karena masing – masing dari bentuk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Pelajrilh lebih mendalam memngenai bentuk – bentuk perusahaan tersebut agar anda yakin dngan pilihan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here