Jenis – Jenis Bisnis

0
121

 

Memiliki usaha yang maju dan memiliki cabang banyak merupakan harapan setiap orang. Namun terkadang untuk mewujudkannya kita perlu melakukan berbagai upaya dan strategi agar harapan tersebut dapat terwujud. Karena berbisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Pasti anda akan menghadapi berbagai rintangan ketika anda menjalani bisnis. Jatuh bangun merupakan hal yang biasa dalam berbisnis. Namun kejatuhan tersebut dapat dijadikan pelajaran guna mengatur strategi dikemudian hari.

Salah satu strategi yang perlu diperhatikan ketika anda akan memulai bisnis adalah dengn menentukan jenis apa bisnis yang akan kita geluti. Memilih jenis bisnis berarti anda perlu mengumpulkan informasi dan data yang akurat mengenai berbagai jenis bisnis yang ada, peluangnya bagaimana, pemasarannya untuk segmen yang seperti apa, dan modal yang harus dipersiapkannya. Bisnis memiliki banyak ragam dan tipe, berikut adalah beberpa jenis bisnis yang biasa dilakukan :

  1. Manufaktur, bisnis jenis ini merupakan isnis yang berkecimpung dalam pembuatan barang, barang tersebut di buat dari bahan baku mentah sehingga menjadi barang jadi yang siap pakai, ataupun dapat pula berupa membuat atau merakit barang dari komponen – komponen sehingga menjadi barang siap pakai. Contoh dari bisnis manufaktur ini adalah mobil, motor ataupun benda lain seperti pipa.
  2. Distributor atau pengecer, bisnis jenis ini merupakan bisnis yang menjual barang yang kita ambil dari produsen kepada konsumen. Bisnis jenis ini merupakan perantara saja, ia mencari keuntungan dari selisih harga yang diperolehnya. Bisnis jenis ini merupakan bisnis yang paling banyak diminati oleh orang, karena tidak membutuhkan modal yang cukup besar.
  3. Bisnis real estate, bisnis jenis ini merupakan bisnis yang menjual,mengembangkan dan memasarkan hunian atau rumah. Untuk menjalankan bisnis ini dibutuhkan modal yang sangat besar serta memerlukan perijinan yang sedikit lebih rumit,  karena produk yang ditawarkan bukan barang biasa melainkan rumah.

Pilihlah bisnis yang sesuai dengan kekuatan yang anda miliki, baik kekuatan finansial sebagai modal hingga hobby sebagai salah satu faktor psikologi yang dapat membantu kelancaran bisnis anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here