Teknologi Printer 3D Yang Semakin Canggih

0
69

Media percetakan atau printing kini tidak hanya menggunakan media kertas dan menghasilkan hasil cetakan 2D. saat ini dengan kemajuan teknologi mesin percetakan sudah mampu menghasilkan objek padat 3 dimensi dari model digital. Dengan kata lain kita sudah mampu membuat replica dari sebuah benda serta mewujudkannya menjadi barang yang berbentuk 3D. sebetulnya cara kerja printer 3D sama dengan printer laser pada umumnya dengan mencetak dan membuat sebuah obyek dari berbagai paisan atau layer. Ada beberapa jenis printer 3D yang saat ini beredar di pasaran diantaranya adalah :

  1. Direct and binder printer 3D

Printer 3d yang memiliki jenis direct cara kerjanya sama dengan printer inject yang menghasilkan obyek 2D. yang membedakannya adalah printer inject yang menghasilkan obyek 2D bergerak maju mundur . sedangkan pada inject printer 3D bergerak ke segala arah sambil mengeluarkan sebuah cairan yang mampu membentuk obyek 3D yang memiliki masa dan volume tidak seperti pada printer 2D yang mengeluarkan cairan. Cairan yang dikeluarkan oleh printer 3D biasanya berupa polimer atau lilin

  1. Photopolymerization dan sintering

Seperti namanya printer 3D yang satu ini menggunakan cahaya dan cairan yang berupa polimer. Saat akan membuat benda yang berbentuk 3D printer ini mengeluarkan cairan polimer kemudian dibesri sinar ultraviolet sampai padat serta membentuk sebuah obyek 3D. sedangkan sintering merupakan kebalikan dari photopolymerization dimana cahaya ultraviolet terlebih dahulu dikeluarkan kemudian cairan yang berupa polimer dituangkan dengan rentang waktu tertentu proses ini akan membentuk sebuah benda padat.

Dengan kemajuan dari teknologi percetakan tersebut saat ini semua orang bisa membuat berbagai macam benda tiruan yang mereka inginkan. Dengan begitu kita bisa membuat berbagai macam benda yang sebelumnya hanya ada pada imajinasi kita saja dan mewujudkannya menjadi sebuah objek yang berbentuk 3D. dengan teknologi yang sangat canggih tersebut saat ini harga printer 3D masih berkisar pada angka puluhan juta rupiah harga yang sebanding dengan teknologi canggih yang bisa kita gunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here