resep cemilan ringan

Resep Membuat Roti Gandum Manis

Membuat pilihan resep cemilan ringan yang enak sekaligus mengenyangkan dapat dibuat dengan membuat berbagai cemilan dari bahan yang juga mengenyangkan. Untuk hal ini dapat dibuat dengan bahan dari gandum untuk membuat cemilan berupa roti. Selain bisa sebagai cemilan resep ini juga bisa dijadikan sebagai sarapan atau bekal anak ke sekolah.

Untuk membuat resep cemilan ringan ini harus diperhatikan dari bahan gandum yang berkualitas, selain itu tidak lupa juga pemilihan bahan lainnya seperti gula terbaik dari produk Gulaku. Dengan bahan-bahan berkualitas tersebut tentunya anda bisa membuat roti gandum manis yang disukai semua anggota keluarga. Untuk lebih mudahnya dalam membuatnya berikut ini bahan-bahan yang diperlukan.

  1. Tepung dengan protein tinggi 250 gram
  2. Tepung gandum 125 gram di ayak
  3. Gula pasir Gulaku 3 sdm
  4. Ragi instant 1,5 sdt
  5. Butter 40 gram
  6. Garam halus ¼ sdt
  7. Telur 1 butir
  8. Whippy bubuk 3 sdm
  9. Susu cair 230 ml
  10. 200-230 ml cairan (1btr telur + 3sdm whippy bubuk + susu cair sampai mencapai 230ml)

Cara membuatnya:

  1. Untuk semua bahan yang kering masukan dalam cairan whippy secara perlahan-lahan sambil di mixer sampai adonannya setengah kalis.
  2. Sesudah itu tambahkan butter dan garam, lalu uleni sampai kalis elastis. Setelah tahap ini terus lakukan pengulenan dengan tangan.
  3. Sesudah adonan menjadi kalis timbang adonan dengan berat sesuai dengan yang diinginkan, misalnya 40 gram untuk membuat adonan tadi menjadi 10 buah.
  4. Setelah itu gilas sampai tipis  dan bentuk sesuai dengan selera seperti membuat rolls, atau diisi dengan isian coklat dan yang lainnya.
  5. Setelah itu diamkan bahan selama satu jam.
  6. Jika sudah panaskan oven dan panggang bahan dengan suhu 175 derajat celsius kurang lebih selama 15 menit.
  7. Setelah keluar dari oven oleskan butter pada permukaan roti.
  8. Resep cemilan ringan roti gandum manis bisa anda belah dan mengisinya dengan coklat atau selai sesuai dengan selera.