Rahasia Kecantikan Tradisional Khas Indonesia

0
23

Alam menyediakan aneka keragaman sumber hayati yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, termasuk rempah-rempah. Tak elak banyak orang luar negeri tertarik dengan kelimpahan rempah-rempah Indonesia ini. Bahkan, tak jarang bahan-bahan ini dimanfaatkan sebagai rahasia kecantikan tradisional yang turun temurun.

Seiring perkembangan teknologi identitas kecantikan tradisional ini juga berdampak pada metode kecantikan itu sendiri. Meski tidak secanggih negara maju layaknya negeri Sakura serta Eropa, nyatanya Indonesia memiliki perawatan tradisional yang cukup diminati.

Berikut contoh perawatan tradisional yang hasilnya tak kalah dengan luar negeri.

  1. Lulur.

Perawatan jenis ini sebenarnya sudah banyak dikenal orang. Jaman dahulu lulur biasa digunakan para bangsawan juga orang-orang keraton guna menjaga kecantikan kulit secara alami. Salah satu bahan lulur yang ampuh untuk mencerahkan tubuh ialah, kunyit dan temu giring

Keunggulan kunyit ialah senyawa aktif yang dikandungnya berguna sebagai antiseptik serta antibakteri. Sehingga dapat membersihkan serta mengecilkan pori kulit Anda. Sedangkan temu giring berguna sebagai bahan pencerah kulit.

Penggunaannya juga cukup mudah, balurkan kedua bahan tadi setelah dihaluskan ke seluruh tubuh. Tunggu kering dan berkerak, bilas dengan air bersih hangat.

  1. Khasiat jamu tradisional.

Perawatan jenis ini tergolong paling praktis. Yakni dengan meminum jamu. Jamu merupakan saripati rempah-rempah yang berbentuk cairan. Berguna sebagai antioksidan, bekerja sebagai imunitas serta mampu mempercantik diri dari dalam.

Salah satu contoh resep kecantikan tradisional ini ialah minuman kunyit asam, yang dibuat dari rebusan kunyit, asam dan gula batu. Jamu ini dipercaya mampu mempercepat proses pencerahan kulit wajah. Selain itu ramuan ini juga dapat menghilangkan jerawat serta dapat menghambat penuaan.

  1. Batimung.

Batimung merupakan sauna dengan teknik  tradisional asal Banjar, Kalimantan Selatan. Ramuan ini sama populernya dengan ratus. Campuran akar wangi, serai daun jeruk purut, melati, temu giring, kenanga serta pandan yang kemudian direbus. Rebusan air tersebut dimasukkan ke dalam panci tertutup. Dan baru dibuka tutupnya ketika akan digunakan. Anda dapat duduk dengan keadaan tubuh terbungkus dengan kain tebal diatas air rebusan batimung. 

Bagaimana menurut Anda? Manakah ramuan kecantikan tradisional pilihan Anda.