Tips Ganti Oli Mobil yang Simple

0
123

Oli mobil memiliki peran yang sangat vital baik dalam menjaga performa mesin kendaraan ataupun rem. Tanpanya, mesin tidak akan mungkin berjalan dengan mulus. Begitu pula dengan rem mobil yang juga membutuhkan oli untuk menjaganya tetap beroperasi dengan baik.

Itu karena sifat oli sebagai pelumas dan mampu menjaga komponen mesin ataupun rem dari gesekan. Demi menjaga mobil agar tetap awet, oli harus diganti secara berkala, setidaknya 3 bulan sekali atau sekitar 5000 km. Tentu akan lebih mudah jika pemilik kendaraan tahu cara mengganti dan mengecek oli sendiri. Selain itu, ganti oli mobil sendiri juga bisa lebih menghemat biaya.

ganti oli mobil
ganti oli mobil

Lantas bagaimana cara mengganti oli mobil? Saat hendak ganti oli mobil untuk pertama kalinya, tentu ada banyak kekhawatiran yang terlintas di benak para pemilik kendaraan. Bahkan Anda mungkin juga mengalaminya. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Mengganti oli sendiri tidaklah sesulit yang dibayangkan. Pada kenyataannya, mengganti oli mobil itu sangatlah mudah.

Ada 4 tahapan utama yang perlu Anda tahu dalam proses mengganti oli mobil. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah demi langkah mengganti oli mobil.

  • Membuang Oli Lama

Untuk membuang oli lama, tentu Anda harus mengeluarkan oli dari dalam kendaraan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan dongkrak atau penyanggga untuk mengangkat mobil guna memudahkan proses ini. Saat hendak mengangkat mobil, pastikan juga untuk menempatkan mobil di tempat yang rata dan jangan lupa untuk pasang rem tangan. Jangan lupa juga untuk menempatkan penyangga pada titik yang tepat. Dan untuk lebih amannya, Anda bisa mengganjal roda mobil dengan balok.

  • Buka penutup oli.

Lokasi penutup oli biasanya ada di bagian atas mesin. Tujuan membuka penutup oli ini agar ada udara yang masuk sehingga memudahkan oli dalam mobil mengalir keluar. Selanjutnya letakkan baki tempat menampung oli di bawah bak oli dan buka baut penutup bak oli. Letak baut tersebut ada di bawah mesin, yakni baut yang letaknya paling dekat dengan mesin. Setelah Anda membuka baut tersebut, biarkan oli lama mengalir ke baki dan tunggu hingga semua oli dalam mesin keluar. Itulah seputar tentang ganti oli mobil.