Metode Kontrasepsi Berbasis Kalender Kesuburan

0
47

Metode Kontrasepsi Berbasis Kalender Kesuburan. Metode kontrasepsi berbasis kalender mencegah kehamilan dengan memantau masa subur selama siklus menstruasi. Untuk menggunakan metode ini, seorang wanita memonitor lamanya siklus menstruasi selama enam bulan untuk menentukan berapa hari siklusnya biasanya berlangsung.

Dia kemudian melacak kemajuan melalui setiap siklus mendatang dari hari pertama perdarahan menstruasi (misalnya dengan menghitung hari dalam kalender). Melakukan hal ini memungkinkan seorang wanita untuk menentukan apakah dia subur atau tidak pada hari tertentu dari siklus menstruasi dan menghindari hubungan seksual pada hari-hari itu.

Manfaat metode berbasis kalender

Related image

Manfaat metode berbasis kalender meliputi:

  • Mereka alami dan tidak menimbulkan efek samping;
  • Mereka tidak memerlukan perangkat atau prosedur khusus dan tidak memerlukan biaya apa pun;
  • Wanita menjadi lebih berpengetahuan tentang siklus menstruasi mereka ketika mereka menggunakan metode ini.

Apa Saja Metode Kontrasepsi Berbasis Kalender Kesuburan?

 Ada beberapa metode dalam kalender kesuburan yang perlu Anda ketahui:

1. Metode hari standar

Metode hari standar dapat digunakan oleh wanita mana saja yang ingin mencegah kehamilan dan mengalami siklus menstruasi teratur , antara 26-32 hari lamanya.

Metode hari standar harus digunakan dengan hati-hati pada pasien dengan siklus menstruasi tidak teratur (misalnya wanita mendekati menopause).

2. Metode ritme kalender

Metode ritme kalender adalah metode di mana seorang wanita menghitung hari subur dan tidak subur dari siklus menstruasinya berdasarkan pada lamanya siklusnya sendiri (sebagai lawan dari menggunakan siklus panjang standar seperti halnya dengan metode hari standar).

Metode ini karena itu dapat digunakan oleh wanita yang memiliki siklus menstruasi panjang tidak teratur (siklus menstruasi yang selalu atau kadang-kadang <26 hari atau> 32 hari). Wanita harus melacak panjang siklus menstruasi mereka selama setidaknya enam bulan sebelum memulai metode ini.

Wanita yang ingin menggunakan metode kontrasepsi berbasis kalender kesuburan harus memastikan mereka mendapat informasi lengkap tentang penggunaan yang benar.